“Bagi saya, Melbourne seperti kota mati”, begitu jawaban dari salah satu kerabat saya di Medan ketika saya bertanya mengenai Melbourne.

Saya sedikit kaget dengan jawaban beliau, namun ternyata setelah saya mengalaminya sendiri, saya tersadar. OMG, waktu menunjukkan pukul 5 sore, toko-toko mulai tutup, bahkan ada mall yang tutup. Alhasil tiap malam setelah dinner, pulang rumah nonton Viki saja dehhh.

Berikut beberapa makanan yang saya coba di Melbourne…

Trampoline Gelato Melbourne

Trampoline Gelato

Eskrimnya lembut serta rasa yang nikmat, terutama Hazelnut Roche yang direkomendasi oleh waiter-nya, nikmattt!!

Disini tersedia gelato & sorbet, coffee, cakes, smoothies, dsb. Telah mendapat beberapa penghargaan dan pengakuan dari berbagai media.

Screen Shot 2014-12-22 at 22.13.13
—————————————————————————————–
Spicy Fried Chicken Mookjibar Melbourne

Spicy Fried Chicken (Half) – AUD16

Mook Ji Bar

‘The best Korean Traditional Restaurant in Melbourne’ – saya pernah mendengar kalimat tersebut mengenai tempat ini. Sebenarnya saya mampir kesini juga bukan disengaja, berjalan nggak begitu jauh tempat tinggal saya, William Street, terlihat masih ada tempat makan yang buka (seperti yang saya sebutkan diatas, Melbourne layaknya kota mati), jadi yahhh masuk saja.

Sangat rame, jadi saya merasa bahwa tempat ini nggak salah pilih deh. Saya memesan Bibimbap (AUD13), Kimchi Soup (AUD15) & Spicy Fried Chicken (AUD16). Harga lumayan pedas, namun porsinya kingkong semua, tuh ayam pesan setengah porsi doank tapi ternyata segede gaban juga. Ayam goreng mereka, yang tersedia dalam 2 rasa, spicy & garlic, is worth to try.

Screen Shot 2014-12-22 at 22.16.33
—————————————————————————————–

Classic Ramen Little Ramen Bar MelbourneSpicy Ramen Little Ramen Bar MElbourne

Little Ramen Bar

Terletak di sederetan tempat makan yang berada di persimpangan antara Little Bourke Street dan Elizabeth Street. Sebarisan dengan Saigon Fusion dan Shanghai Street. Kios minimalis tersebut terlihat sangat padat dan silih berganti pengunjung.

Classic Shoyu Ramen (AUD9.90) & Spicy Miso Ramen (AUD12.50) terhidang di meja, saya pribadi sih lebih suka yang classic, lebih original, kuahnya sedap maknyusss. Kalau yang satu lagi agak asam pedas gitu.

Screen Shot 2014-12-22 at 22.17.56

—————————————————————————————–
Tsindos Greek Cuisine Melbourne

Tsindos – 197 Lonsdale St.

Tsindos Greek Cuisine

Karena mimpi ke Yunani belum kesampaian, penasaran dengan kulinernya, maka saya mampir ke Greek Precinct yang terletak di Lonsdale Street.

Tiba menjelang jam 6, suasana resto masih sepi, namun terlihat hampir semua meja udah pada di reservasi, ternyata memang bukan reservasi abal-abalan, sekitar jam 6.30 gitu pengunjung langsung membludak, suasana jadi penuh dan rame.

Santorini Chicken Tsindos Melbourne

Santorini Chicken (AUD 31)

Ada berbagai macam menu, namun mata tertuju pada Santorini Chicken (AUD 31), karena memang tertarik dengan Kota Santorini di Yunani sono. Yahhh belum pernah kesana, cobain makanannya dulu, hitung-hitung udah dapat feelnya dikit deh. Hehe… Didalamnya terdapat Grilled Chicken (nggak enak dan berbau gosong), Prawn (sueedappp) dan Mushroom kemudian disiram dengan saus.

Selain itu, saya juga memesan Patates Tiganitess (AUD 8), bahasa yang lebih mudah dipahaminya adalah ‘French Fries’, namun untuk versi kali ini lebih tebal dan gigitan kedalamnya nggak crunchy, malah agak lembek gitu, kurang cocok dengan lidah saya.

Overall, saya merasa resto ini harganya mahal, yah untuk sekedar pengen ngerasain aja deh.

Screen Shot 2014-12-22 at 22.19.01
—————————————————————————————–

Gelatissimo Ice Cream Lygon Street Melbourne

Lygon Street

‘Little Italy’, begitu julukan yang disematkan kepada Lygon Street ini, sepanjang jalan terlihat banyak makanan Italia. Katanya Melbourne kalau malam sepi, eh ternyata sepertinya pada merapat kesini, rame banget disini, jalanan, tempat makan, aje gilee…

Saya sih nggak makan lagi, udah kenyang baru dari Tsindos, lagian kalau mau makan juga susah, kebanyakan tempat pada antri, mungkin pengaruh malam minggu sih. Bagi yang ingin mencoba menu Italia, mampir saja kesini. Oh ya, disini juga terdapat Koko Black yang fenomenal itu, kata orang sih, saya sih nggak tau, karena nggak coba, cemana mau coba lihat harga coklatnya doank sinyal otak saya langsung mencari pintu keluar.

Kabarnya disini juga menjadi tempat perayaan para suporter ketika Italia menjuarai Piala Dunia 2006.

Screen Shot 2014-12-22 at 22.20.15
—————————————————————————————–

Churros MelbourneShort Macchiato San Churros MelbourneMacarons San Churros Melbourne

Chocolateria San Churro

Churros-nya yang lembut dicocol dengan coklat, ummmm sedappp. Macarons-nya juga nikmat, kalah nggak salah AUD2.5/pcs. Ditambah secuil Short Macchiato untuk pengisi energi untuk hunting tempat lain lagi. 😀

Screen Shot 2014-12-22 at 22.22.36
—————————————————————————————–
La Petite Creperie Melbourne 2

La Petite Creperie

La Petite Creperie

Jualan di stand kecil doank, yang terkadang tidak terlalu terperhatikan (pengalaman pribadi), awalnya saya sudah mencari tempat ini atas rekomendasi teman saya, setelah berkeliling, eh nggak dapat, saya kira sudah tutup. Ya sudah saya pasrahkan saja..

Eh, nggak taunya, malamnya pas jalan pulang, mau balek hotel (Victoria Hotel terletak di Little Collins doank), terlihat kok rame banget ini antrian di jalanan, iseng saya hampiri, OMG ketemu juga!! Memang kadang orang bilang ada betulnya, ketika dicari cari nggak keliatan, giliran nggak dicari malah nongol sendiri.

Sebenarnya ini mirip dengan Crepes yang populer di Medan itu, cuman ini versi lembek. Sederhana doank sih, dirumah terkadang orang rumah juga pernah masak pake adonan tepung sama telur gitu. Kalau saya bilang ke orang rumah saya makan ginian diluar seharga AUD 5 alias goban pasti kena tabok saya. Ada beberapa rasa harganya sampai AUD 9.

La Petite Creperie Melbourne

Salted Caramel (AUD 5)

Namun boleh di akui, aromanya cukup kuat, saat itu saya memesan Salted Caramel (AUD 5), karena homemade salted caramel-nya, dan saya harus jujur, kesampingkan soal harga, rasanya memang nikmatttt…

Screen Shot 2014-12-22 at 22.23.30
—————————————————————————————– 
Hot Doughnut Queen Victoria Market Melbourne

Doughnut, simple but delicious!

American Doughnut Kitchen

Nah! Setelah crepe tadi, ini street food yang mesti dicoba juga, dan harganya AUD 1.1 doank per piece. Harga yang reasonable untuk ukuran di Australia, didalamnya terdapat selai gitu. Rekomen? Masih perlu dijawab?

Screen Shot 2014-12-22 at 22.24.59

—————————————————————————————–
Dooley's Ice Cream Melbourne

Dooley’s

Dooley’s Ice Cream – The Ice Cream Tub

Direkomendasi oleh pemandu wisata kami, katanya sih es krim ini cukup terkenal, saya lihat award-award yang didapat memang banyak sih.

Screen Shot 2014-12-22 at 22.26.12

—————————————————————————————–

Mencari tempat makan di Melbourne, gampang-gampang susah. Waktu buka dan tutupnya nggak bisa di prediksi, jadi ada baiknya anda cek terlebih dahulu jadwal buka tempat yang ingin anda kunjungi.

Jangan seperti pengalaman yang saya alami ini…

Le Petit Gateau Melbourne

La Petit Gateau

Jauh-jauh hari sebelum tiba di Melbourne, sudah saya rencanakan untuk kesini, sudah stel jadwal eh malah nggak buka. Awalnya saya mampir hari sabtu, terlihat didalam dapur banyak chef lagi bekerja, saya kira oh belum buka, jadi sorean saya balik, eh nggak buka juga.

Le Petit Gateau Awards Melbourne

Besoknya, minggu, saya mampir lagi kesana, eh nggak buka lagi. Akhirnya minta bantuan Om Google, HOLYYYY SHITTT !!! Ternyata sabtu minggu nggak bukaaaaa. Besoknya senin sudah nggak sempet karena full-day tour Great Ocean Road, besoknya lagi selasa sudah flyyy ke Sydney.

1 kata: Apesss.

Screen Shot 2014-12-22 at 22.28.01

Share your thought: