“The Coffeeonomy” merupakan sebuah acara hasil kolaborasi antara ‘tukang’ gelato nitrogen Ron’s Laboratory dengan ahli kopi Tanamera Coffee Jakarta, dimana juga terdapat beberapa kelas yang diajarkan, seperti Molecular Gastronomy Class, Barista Basic Class dan Latte Art Class.

Coffeeonomy pertama kali diadakan di Surabaya, mengingat kesuksesan dari acara tersebut, maka acara ini kembali diadakan di Medan, yang diselenggarakan dari tanggal 11 hingga 14 Juni kemarin. Pada kesempatan ini pula, Ron’s Laboratory meluncurkan beberapa menu baru. Penasaran menu apa? Yuk mari..!

The Coffeeonomy Event

Ron's Laboratory Medan

Kebetulan pada kesempatan ini, kami hanya hadir pada acara rilis menu baru Ron’s Laboratory, kami berhalangan hadir dalam acara kelas-kelas yang kami sebutkan diatas.

Viki Rahardja Latte Art

Sebelum acara dimulai, Barista Viki Rahardja mencoba menghibur para pengunjung dengan skill latte art beliau agar tidak mati gaya saat menunggu.

Viki merupakan seorang sarjana teknik nuklir yang ‘nyasar’ menjadi barista dan juga Latte Artist dari Tanamera Coffee. Selain pernah menyabet berbagai prestasi dalam skala nasional, Beliau juga berhasil masuk 16 besar dalam kompetisi perlombaan Latte Art di Jepang. Wow!

Ronald dan Viki Rahardja

Viki Rahardja CoffeeonomyAcara dimulai dengan pengenalan acara Coffeeonomy serta memperkenalkan Viki Rahardja kepada kami oleh Ronald Prasanto, sang tukang es keliling.

Tanpa banyak ba bi bu lagi, acara berlanjut pada pengenalan 2 (dua) menu platted dessert baru dari Ron’s Laboratory.

Red Velvet Soup 3 Ron's Laboratory Medan

Red Velvet Soup…

Red Velvet Soup Ron's Laboratory Medan

Red Velvet Soup 2 Ron's Laboratory Medan

Di bagian bawah Red Velvet Soup (Rp 45.000) terdapat Chocolate Lava Cake yang dipadu dengan red velvet sup dan diberi topping krim gelato serta garnish kitkat dan daun mint.

Red Velvet SOup

Rasanya? Ini merupakan salah satu favorit kami, dan mungkin juga teman-teman yang lain, karena sesaat dihidangkan menu tersebut telah menjadi rebutan.

Banana Bonina Ron's Laboratory Medan

Kemudian menu yang kedua adalah Banana Bonina – Rp 45.000. Sekilas dibaca, sempat teringat artis lokal Medan Lucy Bonita, tapi nggak ada hubungannya yah…

Menu ini merupakan bolu pisang yang dipadukan dengan krim gelato dan diberi mango spherefication, chrystal jelly, saus karamel dan saus cokelat. Spherefication ini sendiri merupakan suatu bentuk jelly yang padat pada tampilan luar namun di dalamnya berisi liquid. Seperti yang pernah di-demo-kan pada artikel terdahulu “Grand Opening of Ron’s Laboratory Medan“, yang pada saat itu liquid-nya menggunakan markisa.

Troffee

Troffee Ron's Laboratory MedanSelain 2 menu platted dessertRon’s Laboratory juga ‘menetaskan’ 4 (empat) menu minuman baru yang notabene merupakan hasil kolaborasi dengan Tanamera Coffee.

Yang pertama adalah Troffee – Rp 35.000, kopi yang dipadu dengan rasa segar dari buah mangga. Perpaduan rasa kopi dengan buah cukup membuat kami jatuh hati dengan minuman ini.

Latte Float Ron's Laboratory Medan

Latte Float – Rp 40.000, Es Latte khas dari Tanamera Coffee yang dipadu dengan Krim Gelato yang khas dari Ron’s Laboratory.

Minuman yang ini belum sempat kami coba.

Affocado Ron's Laboratory Medan

Affocado – Rp 35.000, berbeda dengan Affogato, ini merupakan gelato alpukat yang dipadu dengan Espresso dari Tanamera Coffee yang kemudian dibentuk menjadi spherefication.

Menu yang ini juga belum sempat dicoba.

Iced Americano Ron's Laboratory Medan

Last but not leastIced Americano – Rp 20.000, kopi hitam yang diproses dengan menggunakan teknik molecular.

Iced Americano Ron's Laboratory Medan 2

Iced Americano 2 Ron's Laboratory MedanIni juga merupakan salah satu favorit kami. Pertama-tama disediakan segelas es yang bagian atasnya mengeras, kemudian tuangkan Espresso diatasnya, nah bagian menariknya, kopi akan turun kebawah secara perlahan.

Demo Rons Prasanto 2

Demo Rons Prasanto

Demo Ronald PRasanto 2

Demo Ronald Prasanto 3

Demo Ronald Prasanto

Sebelum acara berakhir, Ronald Prasanto kembali menghibur pengunjung dengan sedikit demo ‘kaligrafi’ menggunakan bahan-bahan menu Ron’s Laboratory.

Keren dan mantappp !!

Share your thought: