Tanpa mengurangi rasa nikmat terhadap restoran Thai yang lain, setiap kali ngidam ‘tom yum’, yang pertama terlintas di benak adalah restoran Sawasdee. Sudah sejak beberapa tahun lalu restoran Thai ini menjadi favorit makan bareng keluarga dan sampai saat ini citarasa-nya senantiasa konsisten dan belum pernah mengecewakan.

Kalau anda bertanya opsi lain, saya pribadi memiliki opsi kedua, yaitu Jittlada yang terletak di Cambridge Mall. Namun terkadang nggak tau kenapa rada malas sih masuk ke mall cuman tujuan mau makan doank, mikirin cari parkir saja sudah ribet, terutama sabtu-minggu tepat jam makan gitu.

Interior-nya sederhana saja dengan lighting yang terang, cukup nyaman dan homey serta dilengkapi dengan beberapa pajangan khas Thailand.

Kemudian…

Disini terdapat dessert yang rasanya uenak tenan, GRATIS PULA! 

Tidak pasti berapa komplimen yang didapat per orang, namun saat ini kami berlima mendapat tiga gratisan.

Asparagus Terasi (Rp 38.000), sayurnya segar dan renyah. Beberapa ekor udang dan kuah terasi yang cukup pedas melengkapi hidangan ini.

Kemudian Ayam Goreng Wijen (Rp 58.000). Potongan kecil ayam goreng ini sangat empuk dan renyah, bahkan sampai tulangnya juga saya libasss tak bersisa. Dicocol dengan saos ala Thai-nya, makin syur…

Biasanya kalau makan kepah, saya paling nggak suka yang gede-gede, takutnya berbau amis kalau nggak yah dagingnya terasa alot jadi susah dimakan. Namun Kepah Tumis (Rp 58.000) disini rasanya nikmat, apalagi kalau disiram sedikit kuahnya ke nasi, syurr… Kuahnya sedikit pedas dan terasa kebas (mungkin ada diberi andaliman?), namun agak berminyak.

Tom Yum Goong (Rp 98.000), porsi kecil saja sudah cukup untuk kongsi makan berlima. Terdapat beberapa potong udang segar yang ukurannya lumayan gede. Kuah tom yum disini, walaupun belum bisa dibandingkan dengan yang langsung saya makan di Bangkok, namun menurut saya adalah yang terlezat di Kota Medan.

Nah, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kami mendapat gratisan tiga pilihan dessert, jadi kami pesan Ubi ala Thai, Sago Jagung dan Bubur Sumsum.

Ubi santan disini sangat lembut dan kuah santannya terasa kental, saat dinikmati manisnya ubi ‘berkolaborasi’ dengan asinnya santan sangat cocok di lidah. Kalau sago jagung, ini pertama kali saya mencobanya dan rasanya sangat nikmat. Yang terakhir, bubur sumsum juga nggak kalah dibandingkan yang lain. Pokoknya mantap lah semua dessert yang saya coba saat itu!

Soal rasa, saya belum pernah merasa kecewa dengan restoran ini, bagaimana menurut anda?


Sawasdee Thai Restaurant

Jl. Multatuli Raya Blok FF No.36-37 Medan

Telp: 061 – 4570268

Buka: Setiap hari jam 11.00 – 15.00 dan 18.00 – 22.30

Share your thought: