Sudah beberapa kali saya mendengar mengenai es krim gelato yang bisa berasap-asap tokonya, namun jujur saja sampai detik ini masih belum kesampaian untuk mencicipinya, selalu saja ada halangan.

Rencana dari jauh-jauh hari mau mencoba N2 di Sydney atau Melbourne, waktu di Melbourne karena agak jauh tokonya jadi batalin aje, ehh giliran sudah di Sydney malah kelupaan, kemudian saat di Jakarta di Grand Indonesia saya urungkan niat untuk mampir karena lagi flu berat hasil ‘oleh-oleh’ dari abu Bromo.

Rons Laboratory Media Invitation

Berbekal undangan dari Mr. Benny pada acara Grand Opening Ron’s Laboratory di Medan ini, akhirnya saya memiliki kesempatan untuk mencicipi mengenal lebih banyak tentang mules, eh moles.. mo.. mo… aih! Molecular Gastronomy ini.

Grand Opening Rons Laboratory Medan

‘Panggung’ pertunjukan dan presentasi produk dari Ron’s Laboratory.

Berlokasi di Sun Plaza LG floor, menempati lokasi yang cukup luas eks Mr. Pancake dulu.

Nitrogen Rons Laboratory Medan

Awalnya saya kira ini susu, eh rupanya tabung nitrogen. Untung saya belum telepon mama di rumah untuk tegur tetangga saya si ‘ane’ untuk bawa pulang neh termos susu.

Interior Rons Laboratory Medan

Interior Quote Rons Laboratory Medan

Quote Rons Laboratory Medan 2Quote Rons Laboratory Medan

Beberapa penampakan dari interior Ron’s Laboratory yang konsepnya tetap konsisten pada tiap cabang.

Menu Rons Laboratory Medan

Daftar menu terbaru dari Ron’s Laboratory. Itu ada menu baru, ‘The Winter Dream’ saya belum mencobanya, kalau ‘Wicked Ginger Baileys’ rasanya agak aneh, tapi unik, namun saya nggak begitu tertarik.

Accio Red Velvet Rons Laboratory Medan

Kalau ini ‘Accio Red Velvet’, rasanya maknyus! Selain itu, saya juga suka ‘Avocado Espresso’.

Benny Kurnia Winsen Rons Laboratory Medan

Acara diawali oleh beberapa patah kata dari Mr. Benny, selain bercerita tentang Ron’s Laboratory, beliau juga sedikit berbagi pengalaman beliau dengan tim Ron’s serta passion beliau dalam dunia ini.

Singkat cerita, beliau adalah orang yang ‘cukup gila’ untuk membawa Ron’s Laboratory menyapa Medan.

Ronald Prasanto Rons Laboratory Medan 2

Please welcome, orang yang berada dibalik semua ‘ide gila’ Ron’s Laboratory, Ronald Prasanto.

Beliau adalah sosok yang sangat kocak dan easy going, attitude itu juga yang beliau tanamkan ketika menjalani Ron’s Laboratory, beliau mengganggap semua layaknya saudara dan membangun Ron’s seperti sebuah keluarga.

Ape lu? Mau gue sirem?

Ape lu? Mau gue sirem?

Beliau juga sangat senang berbagi dan tidak segan juga mengajarkan tentang Molecular Gastronomy ini secara detil layaknya dosen.

Show  Rons Laboratory Medan 1

Konon katanya sih, dikarenakan pada zaman sekolah dulu, olahraga basket sangat populer dan menjadi salah satu cara untuk mencari gebetan, ehh karena postur nggak mendukung, akhirnya beliau memilih bidang lain, yaitu kuliner!

Eh kok jadi kayak tulis biografi beliau, skip.. skip…

Magic.

Magic.

Show  Rons Laboratory Medan 3

Okay, it’s showtime…

Rons Laboratory Medan 4

Pertunjukan pertama, beliau mencoba membuat kuning telur dari markisa, setelah melarutkan Kalsium, beliau memasukan sesendok markisa dengan sendok khusus, dan tadaaaa….

Rons Laboratory Medan 2

Mirip kuning telur kan? Cantik banget, keren nih!

Rons Laboratory Medan 3Rons Laboratory Medan

Tuangkan sprite, jadi deh mirip putih telur, dan digabung menjadi seperti sebutir telur. Dengan cara yang sama pula, beliau membuat seperti buah jeruk. Unik!

Show Rons Laboratory Medan 5Avocado Gelato Rons Laboratory Medan

Kemudian beliau membuat Avocado Gelato.

Show Rons Laboratory Medan 4

Gelato disini dibuat dengan LN2 dengan suhu sekitar −196 °C, jadi waktu pembuatan tidak memakan waktu lama.

Berbeda dengan es krim dan gelato pada umumnya yang hanya menawarkan rasa ‘normal’, maka di Ron’s Laboratory ini terkadang ada menu yang agak ‘abnormal’, menu yang dibuat adalah hasil percobaan dan racikan beberapa rasa yang dicampur. Seperti beberapa waktu lalu ada menu Choco Wind Proof yang didalamnya terdapat jamu tolak angin! Wheww bayangin rasanya..

Di Ron’s juga selalu dilakukan regenerasi 2 menu setiap tanggal 15 tiap bulannya, jadi 2 rasa yang merupakan best seller akan ‘ditendang’ dan digantikan dengan 2 rasa baru yang ‘lebih gila’.

Ronald Prasanto  Rons Laboratory Medan 2

Dewa mabuk

 …. dan saya pulang dengan perasaan ‘gila’.

Share your thought: