Tempat makan ini cukup unik, terlihat bagian depan kok malah embel-embel toko binatu lebih ter-koneksi ke benak kami. Saya pribadi sampai merasa bingung dan coba googling dulu apakah memang ada nama makanan “BINATU” ?

Atau saya yang sudah kelamaan tinggal di Medan sampai-sampai di Ibukota metropolitan kita ini sudah ada makanan yang bernama ‘binatu’ yang luput dari jangkauan sinyal saya?

Usut punya usut, ternyata memang tempat ini sebelumnya adalah tempat penyedia binatu / laundry yang oleh pemiliknya dibuat sambil jualan otak-otak didepan toko. Eh, siapa sangka otak-otak yang beliau jual malah laris manis, jadi seiring waktu malah lebih dikenal dengan jualan otak-otak dan kelapa muda-nya.

Dan oleh sang pemilik nama Toko Binatu “AN” tetap dipertahankan, mungkin beliau mengerti makna dari kalimat “Don’t change the winning team, ehhh the HOKI name…”

Otak Otak dan Kelapa Muda Binatu "AN"

Kami sih tidak berharap muluk-muluk saat diajak, kebetulan saat itu lagi hujan deras, jadi yah datang oke, nggak datang juga oke. Siapa sih yang mau maksain diri untuk mencicipi otak-otak dan kelapa muda doank? Biasa aja kan dalam hati kami pikirnya.

Namun nih teman kami bersikeras mau membawa kami kesini, jadi yah saat hujan udah mulai reda, gas pol deh kami kesana.

Tiba di lokasi yang jauh dari kesan mewah, sederhana saja, suasana boleh lah cukup nyaman dan bersih. Walaupun terkadang yah nona-nona lalat suka deketin kami. Sadar diri sih kebetulan hari itu kami morning flight dari Medan ke Jakarta, jadi kalau udah menjelang sore nih badan udah sebelas-duabelas sama ikan kembung yang dijual di pasar.

Kelapa Muda Jumbo Binatu AN

Segelas JUMBO es kelapa muda dihidangkan beberapa saat setelah kami pesan, rasanya nikmat beneran, kelapanya buanyakkk, soal rasa nggak berani komplain dah. Suegerrrr…

Otak otak binatu AN

source: lipsus.kompas.com

Begitu pula telah dihidangkan seporsi otak-otak masih hangat, 1 porsi 10 biji. Makan satu, dua, tiga, sambil kongkow, nggak terasa 1 piring habis dan minta tambo 1 porsi lagi… Rasanya? ENAK!

Boleh dibilang ini merupakan otak-otak ternikmat, terlezat dan termaknyos yang pernah saya coba. Kalau bukan karena kenyang, tanpa sadar 2 porsi pun habis saya libas! HAHA

Mie Juhi jualan di Binatu AN

Mie Juhi di Binatu AN

Kemudian didepan tempat makan terkadang ada pedagang keliling yang berjualan Mie Juhi dan Apom Manis, apom manisnya mirip-mirip yang Medan juga, aromanya wangi berasa pandan.

Untuk Mie Juhi merupakan mie kuning dan potongan juhi dicampur dengan kentang, timun, kol, kerupuk kemudian disiram bumbu kacang. Surprisingly rasanya juga nikmat loh!

Overall, soal rasa, saya kasih DUA JEMPOL. Namun, soal harga juga cukup banyak jempol-nya. Segelas es kelapa muda jumbo dibanderol seharga Rp 25.000, otak-otak Rp 9.000/pcs dan Mie Juhi Rp 20.000/porsi. Worth it or not? Itu kembali ke pribadi masing-masing.

Kalau anda kesampingkan soal harganya, saya sarankan anda DIE DIE MUST TRY LAH!

Screen Shot 2015-03-16 at 15.20.35

Share your thought: