Hari ke-6 ini kami akan balik lagi ke Shanghai, agak ribet sih bolak-balek, laen kali mungkin ada baiknya beli tiket pulang jangan sama dengan tiket datangnya, biar nggak habisin waktu untuk balik lagi.

Memang kadang-kadang tiket PP langsung gitu harganya lebih murah sih, namun dihitung-hitung biaya baliknya, tenaga dan waktu, yahhh beda tipis lah jadinya.

Baca dahulu : (Day 1) | (Day 2) | (Day 3) | (Day 4) | (Day 5)

Day 6: Back to Shanghai & Xin Tian Di

Suasana Stasiun di Hangzhou

Dari Victoria Regal Hotel menuju Hangzhou Railway Station itu jaraknya nggak begitu jauh, saya cek map ternyata sekitar 6 km saja, naik taxi kena RMB 12 doank, dibanding dengan harga ketika kita baru tiba, dari stasiun ke hotel diminta RMB 100, potong leher banget tuh brother..

Tiba di stasiun, tempat pembelian tiketnya ada di lantai 2, cari-cari gak nemu eskalator atau lift gitu, atau mungkin ada di sisi lain namun karena udah mepet juga waktunya jadi nggak sempetin cari lagi, langsung naik tangga manual saja, angkat koper lumayan berat, suasana gerimis lagi takut terpeleset naik tangganya. Sebelum naik ngucapin mantra dulu, satu dua tiga tarik napasss langsung gas pol!!!

Berbeda dengan stasiun Shanghai Hongqiau yang loketnya sudah dibedakan per tujuan, kalau disini tujuannya mau kemanapun loketnya yah itu saja, perhatikan baik-baik loket belinya yang mana, soalnya ada juga loket untuk hal lain-lain, biasanya saya sih tanya orang dulu, daripada sudah antri panjang-panjang, sampai depan loket ternyata salah antri, kan kacau itu.

Syukur-syukur dapat yang baik dan mau memberi informasi, boleh juga bertanya ke security saja, namun hari itu saya lihat security-nya lumayan galak juga, dan lagi sibuk urus sana sini, jadi saya coba tanya ke salah satu pengunjung saja.

“Big bro, numpang tanya ya, kalau ke Shanghai antri beli tiket di loket yang mana yah?

*beliau diam saja perhatiin saya*

“Bro, saya lihat di tv informasi itu ada Shanghai bla bla bla….”

*beliau mengernyitkan dahi, mata sinis* “Itu kan sudah ada informasi, yah lihat sendiri saja”

WTFFFFFFFFFF **$*#&@^^!!!!! Tanpa ba bi bu langsung saja kutonjok muka orang itu, beliau langsung terkapar, saya tambah lagi 3 hook kanan ke mukanya sampai pelipisnya berdarah, kalau tidak dihentikan petugas, mungkin giginya sudah berserakan di lantai.

*back to reality* kejadian tadi hanya ada dalam pikiran saya, faktanya saya hanya bisa tarik napas dalam-dalam, dan meninggalkan orang tersebut dengan hati panas.

View Shanghai Oriental Pearl

Naik train RMB 169 per orang dari Hangzhou ke Shanghai Hongqiau, perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam lebih. Setelah tiba di Shanghai, saya pun berencana naik taxi saja menuju hotel, ongkos taxi dari stasiun sampai deket hotel kami sekitar RMB 90.

Setelah selesai booking hotel The Bund Riverside Hotel Shanghai, saya lupa menunggu konfirmasi email dari hotel tersebut, jadi saya tiba di Shanghai hanya bermodalkan nama barat hotel tersebut, nggak tau nama mandarin-nya pula. Alhasil saya diomelin auntie supir taxi karena nggak jelas tujuannya di jalan apa, kemudian saya minta turun saja di depan The Peninsula Shanghai.

Starbucks di Shanghai Bund

Berkeliling cari hotel kami dengan koper ikut diseret-seret, coba tanya security The Peninsula, mereka juga nggak paham kalau nggak ada nama mandarin. Capekkkkkk dehh muter-muter, daripada nggak jelas bagusan nongkrong sejenak deh di Starbucks yang ada di The Bund, tarik napas bentar sambil numpang koneksi wifi buat cari rute hotel saya.

The Bund Riverside Hotel

Wusong River Shanghai

Diatas adalah Wusong River Shanghai disebelah The Bund Riverside Hotelclick here for more info. Foto diambil saat saya dari hotel berjalan menuju Qipu Road.

Dibanding Salvo Hotel Shanghai yang saya inap beberapa waktu lalu, saya lebih merekomendasikan The Bund Riverside kepada anda. Staff yang fasih berbahasa Inggris, router Wifi pribadi di kamar saya (tidak semua kamar ada free wifi) serta harganya lebih murah Rp 200.000an.

Qipu Road

Qipu Road Shanghai China

Berjalan sekitar 20 menit dari hotel, tiba juga di Qipu Road, yang merupakan tempat grosiran pakaian, tas, fashion, dsb.

Penasaran untuk mampir ke tempat ini karena banyak direkomendasikan oleh website-website traveling. Qipu Road ini mungkin adalah akses paling dekat untuk membeli grosiran selain langsung ke pabrik pakaian tersebut. Barang yang dijual sih memang beraneka ragam, namun kalau soal harga saya nggak begitu paham sih murah atau mahal.

Getting Here: Shanghai Metro Line 10 atau 12 turun ke TianTong Road Station. Kalau dari The Bund Riverside Hotel sih jalan kaki saja via Henan Middle Road.

Qipu Road Shanghai China 2Qipu Road Shanghai China 3

Dikarenakan saya tiba di Qipu Road sudah menjelang jam 6 sore, toko sudah pada tutup, jadi mampir lihat-lihat doank dan ngemil dulu. Besok baru kembali untuk hunting lagi.

XinTianDi

Xin Tian Di Shanghai China

XinTianDi yang juga berarti “The New Heaven and Earth” merupakan tempat shopping, restoran dan beberapa entertainment kelas atas di Shanghai.

Night View Xin Tian Di Shanghai China 2Night View Xin Tian Di Shanghai China 3Night View Xin Tian Di Shanghai China 4Night View Xin Tian Di Shanghai ChinaIMG_2574IMG_2576

Suasana malam di Xintiandi. more info…

Terlihat banyak mall dengan interior memukau dan mungkin juga banyak condo-condo mahal disini. Cafe dan Resto disini menawarkan suasana romantis yang tersedia dalam indoor maupun outdoor.

Getting Here: Shanghai Metro Line 10 stop langsung di XinTianDi Station atau Line 1 stop di South Huangpi Road Station namun harus berjalan kaki agak jauh. Kalau saya naik dari Metro Tiangtong Road Station, 4 stop saja. Dari East Nanjing Road Station juga bisa.

DaiFuKuYa Ramen

Daifukuya Ramen Shanghai 2Daifukuya Ramen Shanghai

Di klaim menyajikan The Best Ramen in Shanghai, saya nggak berani mempertegas kalimat tersebut. Namun rasa dari Special Daifukuya Ramen & Special Yarou Ramen ini memang enak, kalau anda menyukai kuah yang agak kental, maka pilihan jatuh ke Daifukuya Ramen karena yang Yarou lebih light.

Tanpa pajak, tanpa service charge? Poin plus untuk sebuah restoran yang berada di tengah-tengah daerah menengah keatas. Oh ya, pelayanan mereka juga terbilang jempolan…