Pada hari ketiga ini, kami akan berangkat ke Hangzhou yang berjarak sekitar 170km dari Shanghai. Hangzhou adalah ibukota dari Provinsi Zhejiang di China. Terkenal karena pemandangan yang indah dan kaya akan sejarah.

Hangzhou selalu menjadi salah satu daerah wisata top di China. Karena jaraknya yang terlalu jauh, Hangzhou menjadi tempat ideal untuk liburan akhir pekan dari Shanghai, di Hangzhou anda bisa melihat sisi yang lebih tradisional dari China.

Tersedia berbagai rute yang dapat ditempuh untuk melakukan perjalanan dari Shanghai ke Hangzhou, seperti pesawat, bus, taxi ataupun mobil sewaan serta dapat menggunakan train.

Baca dahulu : (Day 1) | (Day 2)

Day 3 : Hangzhou Botanical Garden.

Penjual Pansit Daging Guangdong Road Shanghai

Sebelum menuju ke stasiun, saya sempetkan untuk makan pagi didekat hotel terlebih dahulu. Lokasinya nggak jauh dari Salvo Hotel, kalau guling-guling mungkin gak bisa sampe karena keburu dilindas mobil, kalau jalan kaki sekitar 30 langkah gitu deh…

Pansit Daging ShanghaiPansit Daging Guangdong Road Shanghai

Disini tidak tersedia mie ataupun nasi, cuman makan pansit doank. Yang sebelah kiri ukurannya agak kecil, isinya daging semua dan yang sebelah kanan agak gedean dengan isi campuran sayur dan daging.

Tempat makan ini patut anda coba kalau lagi di Shanghai. Mengenai harga saya sudah lupa angka pastinya, namun seingat saya harganya nggak merobek kantong.

Shanghai Hongqiau Station

Shanghai Hongqiao Train Station terletak disebelah Shanghai Hongqiao Airport, lokasinya luas banget. Dari beberapa cara ke Hangzhou yang saya sebutkan diatas, saya memilih jalur melalui train.

Naik Taksi dari Salvo Hotel menuju Shanghai Hongqiao Train Station sekitar RMB 60-70.

Shanghai Railways Station Hongqiau

Telihat suasana antrian tiket yang padat, baik yang menggunakan mesin maupun antrian di loket (saya tidak tau apa perbedaan membeli melalui loket dan mesin), antriannya sangat ramai. Pastikan anda tidak antri di loket yang salah, beda kota tujuan beda loket antrian pula, ada baiknya bertanya terlebih dahulu kepada petugas ataupun calon penumpang lain.

Oh ya, jangan lupa pula siapkan paspor setiap penumpang sebagai proses pembelian.

Tiket Shanghai ke Hangzhou

Harga tiket train dari Shanghai Hongqiao menuju Hangzhou Station seharga RMB 77.50 per orang dan perjalanan memakan waktu sekitar 45 menit.

Sebisa mungkin anda memilih ke Hangzhou Station, jangan ke Hangzhou East Station, selain agak jauh dari daerah tujuan turis, kabarnya stasiunnya juga sudah agak tua dan fasilitasnya agak kurang.

Tiba di Hangzhou.

Setibanya di Hangzhou Station, langsung menuju arah keluar dan disambut oleh para supir taksi yang menawarkan jasanya, macam artis-artis keluar dari bandara diserbu wartawan aja nih.

Karena masih agak blank dengan daerah Hangzhou, maka kami setuju menggunakan jasa salah satu dari mereka. “Kemana?”, “Victoria Regal Hotel”, seperti biasa, beliau nggak tau hotel apa itu, terpaksa minta bantuan Pak Google untuk mencari nama mandarin hotel tersebut.

Setelah deal di harga RMB 100, maka kami berangkat dengan “taksi gelap”, sebutan untuk taksi yang bukan taksi berizin, tapi mobil pribadi yang disulap menjadi taksi sebagai kerjaan sampingan.

Dipertengahan jalan, berhubung ingin mampir ke Botanical Garden, maka kami pun langsung menawarkan supirnya untuk membawa kami kesana, oke shakehand di harga RMB 500 all in (antar kami ke hotel, mencari makan siang menjelang sore di Wushan Square, kemudian ke Botanical Garden). Dipikir-pikir kembali kok terasa mahal ya, Rp 1juta dari siang sampai jam 7 gitu doank.

Victoria Regal Hotel Hangzhou

Beberapa saat kemudian, kami pun sudah tiba di Victoria Regal Hotel. Gile, deket banget rupanya lokasinya, makin merasa ketipu nih tadi kena deal di harga RMB 100 pas pertama kali. (Sekedar info, saat balik Shanghai, kami naik taksi dari hotel balik ke stasiun cuman kena argo RMB 15 saja !!)

Okay, sedikit review mengenai hotel ini, lokasi di inti kota berada di seberang Wushan Plaza. Ukuran kamar hotelnya lumayan luas dengan interior yang nyaman.

Victoria Regal Hotel Hangzhou 4

Kamar mandi juga bersih. Overall kamar hotel ini terkesan baru dan terawat dengan baik. Harga sekitar Rp 800.000/malam.

Hangzhou Botanical Garden.

Hangzhou Botanical Garden 5 Hangzhou Botanical Garden 3 Hangzhou Botanical Garden 2 Hangzhou Botanical Garden Hangzhou Botanical Garden 4

Beberapa view dari Hangzhou Botanical Garden, karena saat tiba hari sudah sore menjelang malam, maka kami pun tidak bisa explore terlalu jauh.

Berdasarkan info yang saya baca sih daerah ini luasnya mencapai 230 hektar, dibangun pada tahun 1965.

Wushan Plaza.

Makan Malam di Wushan Plaza Foodcourt Makan malam di Wushan Plaza Foodcourt Hangzhou

Malam harinya jalan-jalan ke Wushan Plaza yang ada di seberang hotel, keliling-keliling sebentar, kemudian ke lantai paling bawah ada foodcourt, memesan Minced Pork Noodle, mie dengan irisan kecil daging babi dan sebiji telur bulat. Rasanya agak plain karena mungkin saya tuang kebanyakan kuahnya.

Pulangnya sempetin beli es krim Cold Stone, pilih porsi gede kena RMB 50, waffle-nya dicampur kedalam es krim (lupa milih rasa apa) ditambah dengan topping almond dan marshmallow. Enakkkkkkkk pengen lagi!